Metode Mengajar Khusus I
“Rencana Pelaksanaan Pembelajaaran (RPP)”
Oleh:
Michael Sulaiman Halawa
16320/2010
Pendidikan Teknik Bangunan
Teknik Sipil
Fakultas
Teknik
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RRP)
I.
Identitas
Mata Pelajaran
a. Satuan
Pendidikan : SMK Negeri 1 Padang
b. Kelas/semester
: X / 1
c. Program
Studi : Teknik Bangunan
d. Mata
Pelajaran : Survey dan Pemetaan
e. Jumlah
Pertemuan : 1 x 15 menit
II.
Standar
Kompetensi
Memahami dasar-dasar survei
dan pemetaan
III.
Kompetensi
Dasar
Mendeskripsikan survei dan
pemetaan
IV.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
a.
Kognitif
1. Siwa
dapat mengetahui pengertian survey dan pemetaan
2. Siswa
dapat mengetahui tahapan surveying
3. Siswa
dapat mengetahui tujuan
pengukuran tanah serta kegunaannya
b.
Psikomotor
Siswa dapat memahami pentingnya survey dan pemetaan
dalam merancang sebuah konstruksi bangunan
c.
Afektif
1. Disiplin
2. Jujur.
V.
Tujuan
Pembelajaran
a.
kognitif
1. Siswa mampu menjelaskan pengertian
survey dan pemetaan
2. Siswa
mampu menjelaskan tahapan survey dan pemetaan
3. Siswa
mampu menjelaskan tujuan pengukuran tanah serta kegunaannya dalam konstruksi
bangunan
b.
Psikomotor
Siswa dapat memahami pengertian survey
dan emetaan serta kegunaannya
c.
Afektif
a. Keterampilan
sosial
Menunjukkan keterampilan siswa bertanya,
berpendapat, menjadi pendengar yang baik dan berkomunikasi
b. Karakter
Terlihat dalam proses belajar mengajar
terpusat pada siswa, penilaian meliputi kejujuran, peduli dan tanggung jawab.
VI.
Materi
Ajar
Materi pelajaran yang akan diajarkan adalah :
Buku “Survey
dan Pemetaan”
VII.
Alokasi
Waktu
1 x 15 menit
VIII.
Metoda
Pembelajaran
Ceramah, tanya-jawab
IX.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pendahuluan
:
a. Salam
pembuka
b. Mengabsen
siswa
c. Mengontrol
keadaan kelas secara sepintas
d. Membangkitkan
motivasi siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
e. Menyampaikan SK dan KD serta materi yang akan dipaparkan.
2. Inti
:
a. Guru
mendeskripsikan survey dan pemetaan
b. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat.
c. Memberikan
pertanyaan yang merangsang supaya siswa dapat berfikir dan menganalisa.
3.
Penutup
a.
Menyimpulkan
pemaparan materi mengenai catatan dan legenda pada gambar.
b.
Memberikan tugas supaya materi dapat
dipahami lebih mendalam.
c.
Mengabsen
siswa.
d.
Salam
penutup.
X.
Penilaian
Hasil Belajar
Terdapat 3 aspek penilaian, yaitu :
a. Kognitif
c. Afektif
XI.
Sumber
Belajar
a. Hand
out
b. Buku
yang relevan
Diketahui/disahkan :
Kepala Sekolah Guru
yang bersangkutan,
(......................................) MICHAEL SULAIMAN HALAWA
NIP. 16320/2010
Tidak ada komentar :
Posting Komentar