Sabtu, 16 Februari 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RRP)

Metode Mengajar Khusus I

“Rencana Pelaksanaan Pembelajaaran (RPP)”







Oleh:

Michael Sulaiman Halawa

16320/2010




Pendidikan Teknik Bangunan

Teknik Sipil

Fakultas Teknik

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2012





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RRP)
I.                   Identitas Mata Pelajaran

a.       Satuan Pendidikan :  SMK Negeri 1 Padang
b.      Kelas/semester                   :  X / 1
c.       Program Studi                    :  Teknik Bangunan
d.      Mata Pelajaran                   :  Survey dan Pemetaan
e.       Jumlah Pertemuan               :  1 x 15 menit

II.                Standar Kompetensi
Memahami dasar-dasar survei dan pemetaan
III.             Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan survei dan pemetaan
IV.              Indikator Pencapaian Kompetensi
a.      Kognitif
1.      Siwa dapat mengetahui pengertian survey dan pemetaan
2.      Siswa dapat mengetahui tahapan surveying
3.      Siswa dapat mengetahui tujuan pengukuran tanah serta kegunaannya
b.      Psikomotor
Siswa dapat memahami pentingnya survey dan pemetaan dalam merancang sebuah konstruksi bangunan
c.       Afektif
1.      Disiplin
2.      Jujur.
V.                 Tujuan Pembelajaran

a.      kognitif
1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian survey dan pemetaan
2.      Siswa mampu menjelaskan tahapan survey dan pemetaan
3.      Siswa mampu menjelaskan tujuan pengukuran tanah serta kegunaannya dalam konstruksi bangunan

b.      Psikomotor
Siswa dapat memahami pengertian survey dan emetaan serta kegunaannya
c.       Afektif
a.       Keterampilan sosial
Menunjukkan keterampilan siswa bertanya, berpendapat, menjadi pendengar yang baik dan berkomunikasi
b.      Karakter
Terlihat dalam proses belajar mengajar terpusat pada siswa, penilaian meliputi kejujuran, peduli dan tanggung jawab.

VI.              Materi Ajar
Materi pelajaran yang akan diajarkan adalah :
Buku “Survey dan Pemetaan”
VII.           Alokasi Waktu
1 x 15 menit

VIII.        Metoda Pembelajaran
Ceramah, tanya-jawab

IX.              Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan :
a.       Salam pembuka
b.      Mengabsen siswa
c.       Mengontrol keadaan kelas secara sepintas
d.      Membangkitkan motivasi siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
e.       Menyampaikan SK dan KD serta materi yang akan dipaparkan.

2.      Inti :
a.       Guru mendeskripsikan survey dan pemetaan
b.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat.
c.       Memberikan pertanyaan yang merangsang supaya siswa dapat berfikir dan menganalisa.
3.      Penutup
a.       Menyimpulkan pemaparan materi mengenai catatan dan legenda pada gambar.
b.      Memberikan tugas supaya materi dapat dipahami lebih mendalam.
c.       Mengabsen siswa.
d.      Salam penutup.

X.                 Penilaian Hasil Belajar
Terdapat 3 aspek penilaian, yaitu :
a.       Kognitif
b.      Psikomotor
c.       Afektif

XI.    Sumber Belajar
a.       Hand out
b.      Buku yang relevan



       Diketahui/disahkan :                                                               
          Kepala Sekolah                                               Guru yang bersangkutan,


            (......................................)                                    MICHAEL SULAIMAN HALAWA
            NIP.                                                                                        16320/2010

Tidak ada komentar :

Sabtu, 16 Februari 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RRP)

Metode Mengajar Khusus I

“Rencana Pelaksanaan Pembelajaaran (RPP)”







Oleh:

Michael Sulaiman Halawa

16320/2010




Pendidikan Teknik Bangunan

Teknik Sipil

Fakultas Teknik

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2012





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN  (RRP)
I.                   Identitas Mata Pelajaran

a.       Satuan Pendidikan :  SMK Negeri 1 Padang
b.      Kelas/semester                   :  X / 1
c.       Program Studi                    :  Teknik Bangunan
d.      Mata Pelajaran                   :  Survey dan Pemetaan
e.       Jumlah Pertemuan               :  1 x 15 menit

II.                Standar Kompetensi
Memahami dasar-dasar survei dan pemetaan
III.             Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan survei dan pemetaan
IV.              Indikator Pencapaian Kompetensi
a.      Kognitif
1.      Siwa dapat mengetahui pengertian survey dan pemetaan
2.      Siswa dapat mengetahui tahapan surveying
3.      Siswa dapat mengetahui tujuan pengukuran tanah serta kegunaannya
b.      Psikomotor
Siswa dapat memahami pentingnya survey dan pemetaan dalam merancang sebuah konstruksi bangunan
c.       Afektif
1.      Disiplin
2.      Jujur.
V.                 Tujuan Pembelajaran

a.      kognitif
1.      Siswa mampu menjelaskan pengertian survey dan pemetaan
2.      Siswa mampu menjelaskan tahapan survey dan pemetaan
3.      Siswa mampu menjelaskan tujuan pengukuran tanah serta kegunaannya dalam konstruksi bangunan

b.      Psikomotor
Siswa dapat memahami pengertian survey dan emetaan serta kegunaannya
c.       Afektif
a.       Keterampilan sosial
Menunjukkan keterampilan siswa bertanya, berpendapat, menjadi pendengar yang baik dan berkomunikasi
b.      Karakter
Terlihat dalam proses belajar mengajar terpusat pada siswa, penilaian meliputi kejujuran, peduli dan tanggung jawab.

VI.              Materi Ajar
Materi pelajaran yang akan diajarkan adalah :
Buku “Survey dan Pemetaan”
VII.           Alokasi Waktu
1 x 15 menit

VIII.        Metoda Pembelajaran
Ceramah, tanya-jawab

IX.              Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan :
a.       Salam pembuka
b.      Mengabsen siswa
c.       Mengontrol keadaan kelas secara sepintas
d.      Membangkitkan motivasi siswa dengan menyampaikan tujuan pembelajaran.
e.       Menyampaikan SK dan KD serta materi yang akan dipaparkan.

2.      Inti :
a.       Guru mendeskripsikan survey dan pemetaan
b.      Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat.
c.       Memberikan pertanyaan yang merangsang supaya siswa dapat berfikir dan menganalisa.
3.      Penutup
a.       Menyimpulkan pemaparan materi mengenai catatan dan legenda pada gambar.
b.      Memberikan tugas supaya materi dapat dipahami lebih mendalam.
c.       Mengabsen siswa.
d.      Salam penutup.

X.                 Penilaian Hasil Belajar
Terdapat 3 aspek penilaian, yaitu :
a.       Kognitif
b.      Psikomotor
c.       Afektif

XI.    Sumber Belajar
a.       Hand out
b.      Buku yang relevan



       Diketahui/disahkan :                                                               
          Kepala Sekolah                                               Guru yang bersangkutan,


            (......................................)                                    MICHAEL SULAIMAN HALAWA
            NIP.                                                                                        16320/2010

Tidak ada komentar :